Hati – hati Penipuan Berkedok Penerimaan Karyawan

Hati – hati Penipuan Berkedok Penerimaan Karyawan

Hati – hati Penipuan Berkedok Penerimaan Karyawan

Tak ada komentar pada Hati – hati Penipuan Berkedok Penerimaan Karyawan

Sehubungan dengan maraknya aksi penipuan rekrutmen calon pekerja khususnya RSDI Banjarbaru, kami memberitahukan bahwa informasi dan pengumuman tahapan rekrutmen RSDI Banjarbaru secara resmi dapat diperoleh melalui situs ini.
Di era internetan semakin gampang, penipuan pun di era kini semakin massif dan kreatif, Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pekerja, agar kiranya informasi rekrutmen pegawai yang di dapat ditelaah terlebih dahulu dan di konfirmasi kepada instansi atau pihak terkait untuk keabsahan informasi rekrutmen yang didapat.
Ciri-ciri khusus penipuan penerimaan karyawan baru suatu instansi adalah meminta dana dengan berbagai macam alasan, berikut beberapa modus penipuan berkedok penerimaan karyawan baru :

  • Mengirimkan email bahwa pencari kerja telah lolos dan tinggal mengikuti proses training, dengan syarat harus membeli tiket dari Travel Agent tertentu.
  • Mengirimkan SMS dengan meminta kita/ pencari kerja melakukan telepon balik ke nomor tersebut.
  • Memungut biaya dengan alasan adanya biaya operasional.

Dari beberapa modus diatas ada beberapa cara jitu menghindari menjadi korban penipuan :

Periksa Domain Email

Saat menerima undangan interview melalui email, periksa kembali domain email. Biasanya para penipu menggunakan email yang berbeda dengan domain email perusahaan namun mereka menggunakan domain email gratisan seperti gmail.com atau yahoo.com

Periksa Surat Panggilan yang dikirim

Jika domain email telah diperikas silahkkan periksa surat pangggilannya, apakah ada mengharuskan kita membeli tiket di travel agent tertentu. Jika iya, dapat dipastikan ini modus penipuan. Jangan dilanjutkan, lupakan.

Bertanya

Jika mendapat panggilan kerja, kita harus aktif bertanya. Tanyakan ke orang-orang sekitar, ke kakak kelas atau siapa saja tentang reputasi, letak kantor dan lain-lain. Karena banyak penipu biasanya memberikan alamat palsu atau menyewa space di ruko-ruko tertentu. Penipu ini biasanya akan meminta tarif atau mematok uang pendaftaran ke pencari kerja.

Periksa Website Perusahaan

Ini cara jitu, karena banyak perusahaan akan menaruh lowongan kerjanya di Website mereka (Career). Silahkan cek kembali domain email yang mengirim email dengan alamat website perusahaan. Jika berbada jangan dilanjutkan. Lupakan.

About the author:

Leave a comment

Tentang Kami
RSD Idaman Banjarbaru Jl. Trikora No. 11 Rt. 039 Rw. 001 Kel. Gt. Manggis, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

RSD Idaman Banjarbaru, Terakreditasi, ISO : 9001 - 2008, BLUD : Penuh

Kontak Kami

RSD Idaman Banjarbaru

Phone : (0511) 6749696

Fax : (0511) 6749697

Email : rsudbanjarbaru@gmail.com

Back to Top